28 February 2016

Aplikasi Gratis Untuk Proses Wireframe

Dalam pembuatan antarmuka suatu aplikasi baik itu aplikasi berbasis desktop maupun web, desainer aplikasi akan melakukan proses perancangan dan desain antarmuka terlebih dahulu atau biasa disebut wireframe. Cukup banyak tools yang dapat digunakan untuk menggambar antarmuka aplikasi baik itu layanan online atau offline.
Karena keterbatasan koneksi dan mahalnya biaya internet, maka kali ini saya akan memberitahukan aplikasi wireframe yang dapat digunakan di desktop tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet dan tentu saja gratis alias bukan bajakan.
Sebelum masuk ke tema utama, saya akan memberitahukan sedikit tentang pengertianwireframe. Jadi wireframe adalah ilustrasi dasar dari struktur dan komponen suatu halaman website, biasanya ini adalah langkah pertama dalam proses desain. Untuk penjelasan selengkapnya beserta tutorial proses wireframing dapat meng-klik tautan di bawah ini.
Website Wireframing
Aplikasi yang dapat digunakan untuk wireframing secara gratis antara lain:
Pencil adalah aplikasi untuk membuat prototype antarmuka aplikasi baik desktopwebsite, danmobile. Lisensi aplikasi ini ada dua yaitu licensi open source dibawah bendera General Public License v2 maupun commercial license, terserah anda ingin menggunakan yang mana. Pencil dapat digunakan sebagai aplikasi standalone atau extension pada web browser firefox.
Fitur-fitur yang ditawarkan cukup lengkap antara lain :
  1. Pencil Project
  • Kemudahan dalam melakukan GUI prototyping karena aplikasi ini telah dilengkapi denganstencil yang mendukung untuk semua perancangan tampilan berbagai platform yang berbeda. Selengkapnya tentang Stencil.
  • Selain dapat digunakan untuk perancangan antarmuka, pencil dapat digunakan untuk menggambar berbagai macam diagram. Gambar diagram yang dihasilkan sangat bagus dan bersih.
  • Pencil mempunyai fitur pencarian clipart yang terintegrasi dengan OpenClipart.org., sehingga pengguna tidak perlu repot-repot mencari clipart di jagad maya.
  • Dan berbagai fitur lainnya.
      2. Prototyper
Aplikasi kedua bernama prototyper buatan justinmind. Lisensi aplikasi ini juga ada dua yaitucommercial license dan freeware license – bukan open source. Tentu saja kelengkapan fitur yang ditawarkan berbeda antara lisensi komersil dan free, namun prototyper yang sifatnya freewaretelah memiliki cukup lengkap fitur untuk dapat memulai perancangan antarmuka aplikasi.
      3. Google Draw
Aplikasi yang satu ini sebenarnya out of range, dengan kata lain aplikasi ini pada dasarnya berbasis online. Tapi dengan menggunakan fitur offline, google drive dapat kita gunakan selayaknya aplikasi desktop. Fitur yang ditawarkan tidaklah selengkap kedua aplikasi yang telah dijelaskan di atas karena sifat google draw yang lebih umum digunakan untuk menggambar. Namun ada beberapa template yang telah disediakan oleh beberapa developer untuk digunakan pada proses wireframing, salah satunya ditawarkan oleh Morten Just.

No comments:

Post a Comment